Pemikiran M. Quraish Shihab dan Ahmad M. Saefuddin tentang riba (analisis perbandingan)

Nurhayati, Nurhayati (2017) Pemikiran M. Quraish Shihab dan Ahmad M. Saefuddin tentang riba (analisis perbandingan). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12.2200.019.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA :

Dalam Islam, memungut riba atau mendapatkan keuntungan berupa riba pinjaman adalah haram. Ini dipertegas dalam Al-Qur’an Surah Al-Baqarah ayat 275: وَاَحَلَّ الله الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبوا… “padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba”. Pandangan ini juga yang mendorong maraknya perbankan syariah di mana konsep keuntungan bagi penabung didapat dari sistim bagi hasil bukan dengan bunga seperti pada bank konvensional, karena menurut sebagian pendapat (termasuk Majelis Ulama Indonesia), bunga bank termasuk ke dalam riba.

Berdasarkan latar belakang masalah maka yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pemikiran M. Quraish Shihab tentang riba, bagaimana pemikiran Ahmad M. Saefuddin tentang riba, dan bagaimana perbandingan pemikiran M. Quraish Shihab dan Ahmad M. Saefuddin tentang riba.

Metode penelitian ini ditinjau dari sumber data termasuk penelitian pustaka (library research) dan ditinjau dari sifat-sifat data maka termasuk penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Metode yang digunakan adalah metode analisis isi(content analysis). Adapun tehnik analisis data yang dipergunakan adalah tehnik interpretasi, komparasi dan deskriptif.

Riba adalah mengambil kelebihan diatas modal dari yang butuh dengan mengeksploitasi kebutuhannya. Sehingga riba sebagai suatu penolakan terhadap resiko financial tambahan yang ditetapkan dalam transaksi uang atau modal maupun jual beli yang dibebankan kepada satu pihak saja sedangkan pihak lainnya dijamin keuntungannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Muamalah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 07 Jun 2018 17:38
Last Modified: 22 Aug 2019 23:04
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/231

Actions (login required)

View Item View Item